Kontak Kami

Selamat belanja!

Jam Kerja: SENIN-SABTU (09.00 - 17.00 WIB), Hari Minggu & Libur Nasional TUTUP
(Juli 2018) Daunku.com menawarkan Kerjasama Berbasis Syariah (Syirkah) untuk pengembangan Daunku.com menjadi sentra bibit buah online skala Nasional. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!
Beranda » Artikel Panduan Berkebun » Tutorial Membuat Tabulampot Anggur (8 Bulan Berbuah)

Tutorial Membuat Tabulampot Anggur (8 Bulan Berbuah)



 

Bosan punya tabulampot itu-itu aja?

Kenapa nggak nyoba anggur?

Padahal bikin tabulampot anggur itu MUDAH, lho.


 


 

1. PENDAHULUAN

Sejak dulu anggur tetap menjadi buah eksklusif di masyarakat Indonesia. Hanya sebagian kecil dari masyarakat kita yang mengkonsumsi buah ini secara rutin, sebab harganya yang tinggi.

Lalu bagaimana jika di pekarangan rumah anda berjejer tabulampot anggur tumbuh rimbun disertai dompolan buah bergelantungan? Pasti rumah anda akan tampak eksklusif, kan…!?

Nah… jika anda tertarik, yuk ikuti tutorial tabulampot anggur berikut…

 

2. VARIETAS ANGGUR

Ada banyak pilihan jenis anggur yang tersedia di pasaran, mulai dari anggur lokal hingga import. Namun meskipun pilihannya banyak, bukan berarti kita bisa memilih suka-suka. Hal ini sangat terkhusus untuk pemula yang belum berpengalaman menanam anggur. Ada baiknya anda pelajari tips memilih varietas anggur dari kami di sini: (PENTING) Tips Memilih Varietas Anggur untuk Pemula

 

3. PERSIAPAN BAHAN

  • Bibit anggur tinggi minimal 1 meter
  • Pot plastik ukuran No.40 ke atas / Planterbag > 45 liter
  • Tanah merah (jika sulit didapat, pakai tanah seadanya saja)
  • Pasir
  • Pupuk kandang kambing/sapi
  • Pupuk kimia SP-36, NPK, dan Urea
  • Kapur dolomit
  • Insektisida Furadan
  • Ajir/tiang rambat (dari bambu, kayu, besi, paralon, dsb)

 

4. MENANAM TABULAMPOT ANGGUR

Langkah pertama adalah membuat media tanam untuk dimasukkan ke dalam pot. Campurkan tanah + pupuk kandang + pasir (2:2:1), aduk hingga rata. Jika sulit mendapatkan pasir, bisa gunakan sekam padi namun dengan perbandingan tanah + pupuk kandang + sekam padi (1:1:2).

Jika anda membeli media tanam siap pakai (kemasan) di toko tanaman, maka media tersebut harus dicampur pasir dengan perbandingan media kemasan + pasir (4:1). Atau bisa dicampur sekam padi dengan perbandingan media kemasan + sekam bakar (1:2).

Komposisi Media Tanam Tabulampot Anggur

Alasan menggunakan tanah merah dan pasir sebagai bahan baku media tanam, karena berdasarkan literatur yang ada, tanaman anggur akan tumbuh optimal pada jenis tanah lempung-berpasir. Jadi, upayakan gunakan kedua bahan ini sebagai media tanam tabulampot anggur.

Setelah semua bahan bercampur rata, selanjutnya masukkan pupuk SP-36 sebanyak 2 sendok makan, kapur dolomit 2 sendok makan, dan insektisida Furadan 1 sendok teh ke dalam campuran media tersebut, lalu aduk kembali hingga rata.

Masukkan pasir setebal 5 cm pada dasar pot untuk mengoptimalkan fungsi aerasi dan drainase. Kemudian masukkan media tanam ke dalam pot dan sisakan ruang kosong 5-10 cm pada bagian atas pot sebagai ruang untuk menampung pupuk kandang di kemudian hari. Setelah itu siram hingga cukup lembab. Terakhir, biarkan selama 2 minggu agar pupuk kandang terurai menjadi tanah.

Setelah 2 minggu, bibit anggur sudah bisa ditanam ke dalam pot bersamaan dengan pemasangan ajir/rambatan. Kemudian letakkan pot di lokasi yang terpapar sinar matahari penuh pagi-sore, karena tanaman anggur membutuhkan intensitas matahari sangat tinggi.

 

5. PENYIRAMAN

Tanaman anggur kurang menyukai air berlebih, sehingga penyiraman harus mengikuti kondisi media tanam. Prinsipnya: tunda penyiraman apabila media tanam masih terasa lembab. Pada beberapa bulan pertama, biasanya penyiraman cukup 2 kali seminggu. Setelah pohon anggur tumbuh besar dan rimbun, penyiraman bisa lebih sering kisaran 1-2 hari sekali.

 

6. PEMUPUKAN

Pupuk diberikan pertama kali pada usia 2 bulan di pot dan dilanjutkan rutin setiap 1 bulan sekali. Berikut rekomendasi pemupukan tabulampot anggur:

  • usia 2-3 bulan= pupuk NPK 1 sendok teh dan Urea 1 sendok teh
  • usia 4-5 bulan= pupuk NPK 1½ sendok teh dan Urea 1½ sendok teh
  • usia 6-7 bulan= pupuk NPK 1 sendok makan
  • usia 8 bulan= siap dibuahkan dengan pupuk buah

Cara aplikasi: buat 4 lubang mengelilingi pinggir pot, masukkan pupuk ke dalamnya, lalu lubang ditutup kembali.

Selain kedua pupuk di atas, berikan juga pupuk kandang sebanyak 2-3 gayung dan kapur dolomit 1 sendok makan setiap 3 bulan sekali, yaitu pada saat pohon anggur berumur 3 dan 6 bulan di pot.

 

7. PEMANGKASAN

Umumnya bibit anggur memiliki banyak tunas. Sejak awal tanam ke pot, pilih 1-2 tunas terbaik untuk dibesarkan sebagai batang pokok dan pangkas seluruh tunas yang tersisa. Apabila kemudian hari tumbuh tunas baru kembali, segera buang agar tidak mengganggu pertumbuhan 1-2 tunas yang telah dipilih sebelumnya. Berikut contohnya:

Model Rambatan Tabulampot Anggur

Model Rambatan Anggur dalam pot

membuat Rambatan Tabulampot Anggur

 


Baca juga artikel berikutnya:

 

 

 

Yuk, di-share:

Tutorial Membuat Tabulampot Anggur (8 Bulan Berbuah) | Daunku.com

23 komentar untuk Tutorial Membuat Tabulampot Anggur (8 Bulan Berbuah)

  • Yusuf says:

    Sangat menarik,
    Gak sabar menunggu kelanjutannya

  • Yusuf says:

    Bagaimana membuat pohon anggur berbuah lebat?

  • Hendri Yadi says:

    Wah bagus pak tulisannya… rapi dan runut… mudah dipahami bagi pemula… kelanjutan artikelnya dmana ya pak? Terima kasih

  • Yanche charles says:

    Ringkas, padat, ditunggu lanjutannya

  • I Made Sudiartha says:

    Mantapp, gak sabar nunggu yg berikutnya

  • Izaky says:

    Bos apa bisa anggur dibuahkan dalam pot matex 5lt. Mksh

  • Abu nandy says:

    Mudah mudahan Allah swt mengizinkan kami untuk menjadi yang terbaik…. Aamiin

  • Johar says:

    Pengunjung mencari kelanjutan artikel ini. Tapi dicari di Mbah Goo belum ketemu jg.

    • Haris Wicahyo says:

      Panduan pembuahan anggur sedang dalam proses penulisan pak. Prosesnya agak lama, karena kami menggunakan foto lengkap dari tabulampot anggur di kebun kami.

      Harapannya dengan penyertaan foto lengkap, pembaca bisa lebih mudah mempelajarinya. Terimakasih 🙂

  • Johar says:

    Sayangnya pengunjung banyak tapi belum ada yang direply yah..

    • Haris Wicahyo says:

      Iya mohon maaf pak, sebelum2nya sedang banyak kesibukan di luar. Jadi belum bisa handle website 🙂

  • Ahmad wahyu says:

    Terima kasih ilmunya bos

  • Sigit Heru nugroho says:

    Waduh sudah gak sabar pengen liat hasil panenya

    • Haris Wicahyo says:

      InsyaAllah usai lebaran saya mau buat ‘Studi Kasus’ pembuahan tabulampot anggur untuk melanjutkan artikel ini.

      Sebetulnya mau bikin dari bulan lalu, tapi mengingat lebaran mau mudik, gak berani deh… khawatir pohon rusak karena telat nyiram… 🙂

  • Arif says:

    Halo pak, tulisan yang sangat bagus dan mencerahkan. Tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

    Ketika dalam proses penyampuran untuk media tanam, penggunaan insektisida, SP-36, dan dolomit seperti yang diberitahukan diatas itu untuk dosis pot yang berapa liter? saya berencana mau membuat tabulampot anggur dengan pot 150 liter.

    • Haris Wicahyo says:

      Halo Pak Arif, terimakasih banyak telah berkunjung ke website kami…

      Itu utk pot ukuran 45-75 liter. Kalo pakai 150 liter dosis bisa ditingkatkan jadi 2 x lipat…

      • Arif says:

        Wah terima kasih Pak Haris atas pencerahannya. Saya mau tanya lagi nih, rata2 semua jenis anggur itu berbuah setelah berapa HST ya? Dengan kondisi pemupukan dan pruning yang tepat. Trims.

        • Haris Wicahyo says:

          Tanaman anggur mulai berbuah 1,5 tahun jika tanam di lahan. Tapi kalo di dalam pot, bisa berbuah antara 8-12 bulan sejak penanaman. Terimakasih

          • Eddy waluyo says:

            Pak. Salam.kenal
            Saya Eddy waluyo
            Berniat berkebun anggur pada tanah 500-1000 m2. Just fun pak
            Kondisi tanah.: ketinggian 900 MDPL temperatur rata rata 20 drajat. Kalau hujan sekitar 15 drajat. Mhn saran Bapak
            Hp Wa 081281711960

Yuk, berikan komentar Anda!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:

DISKON TERBATAS !!!

Ikuti Facebook Kami:

KATEGORI