Kontak Kami

Selamat belanja!

Jam Kerja: SENIN-SABTU (09.00 - 17.00 WIB), Hari Minggu & Libur Nasional TUTUP
(Juli 2018) Daunku.com menawarkan Kerjasama Berbasis Syariah (Syirkah) untuk pengembangan Daunku.com menjadi sentra bibit buah online skala Nasional. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!
Beranda » Artikel Panduan Berkebun » (PENTING) 11 Alasan Anda HARUS Menanam Pohon Anggur

(PENTING) 11 Alasan Anda HARUS Menanam Pohon Anggur



 

Anda hobi berkebun, tapi belum punya pohon anggur?

Duh, sayang sekali, padahal banyak keuntungan menanam buah eksklusif ini!


 


 

PENDAHULUAN

Sejak zaman dulu sampai sekarang anggur tetap menjadi buah primadona banyak orang. Buah ini memiliki nilai eksklusif yang cukup tinggi dibandingkan jenis buah lainnya. Namun sayang hanya sedikit orang yang tertarik menanamnya, padahal banyak manfaat yang bisa didapat dari tanaman anggur. Artikel ini akan menjelaskan alasan pentingnya menanam anggur di rumah.

Sebagai pemanis, berikut ini contoh kecil koleksi anggur Daunku.com:

pohon anggur import

anggur import nizina

anggur import Romeo

bibit anggur transfiguration

anggur import Zolotuskha

membuahkan pohon anggur import

Dan di bawah ini adalah galeri foto dari kebun anggur milik Balitjestro (Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropika):

pohon anggur

pohon anggur lokal

perkebunan anggur di jawa timur

kebun anggur balitjestro

 

11 ALASAN ANDA HARUS MENGOLEKSI POHON ANGGUR DI RUMAH 

 

1. Cepat berbuah dengan hasil berlimpah

Tanaman anggur terkenal sangat mudah dan cepat berbuah (genjah). Jika ditanam dalam pot, kita sudah bisa membuahkannya pada usia 8 bulan. Sedangkan untuk penanaman di lahan (tanah langsung), umumnya membutuhkan waktu paling lambat 1,5 tahun dan hanya beberapa varietas tertentu saja yang memerlukan waktu sekitar 2 tahun.

Untuk kawasan dataran rendah yang curah hujannya rendah, pohon anggur mampu berbuah hingga 3 kali dalam setahun. Sedangkan untuk daerah dengan curah hujan sedang dan tinggi masih mampu berbuah 2 kali setahun. Namun itu pun masih bisa disiasati dengan pemberian atap plastik agar tidak terkena hujan, sehingga mampu berbuah 3 kali setahun.

Setiap varietas memiliki produktifitas berbuah yang berbeda. Secara garis besar, pohon anggur usia di atas 3 tahun mampu berbuah 20-45 kg per pohon dalam sekali panen. Jika setahun berbuah 3 kali, maka akan didapat hasil panen sebanyak 60-135 kg per pohon setiap tahun. Rasanya itu sudah cukup menambah sumber gizi keluarga, apalagi jika menanam lebih dari 1 pohon, tentu bisa bagi-bagi ke tetangga bahkan dijual ke lapak buah. Hehe…

 

2. Umur tanaman sangat panjang

Seperti pohon mangga, durian dan semisalnya, pohon anggur pun memiliki usia hidup hingga puluhan tahun. Bahkan tak jarang ada yang melebihi 100 tahun dan masih tetap berbuah. Umurnya yang panjang menjadikan peluang besar bagi tanaman ini untuk dapat dinikmati secara turun-menurun kepada anak dan cucu kita. Sehingga akan menjadi kenangan berharga bagi anak dan cucu kita nantinya, serta sebagai amal jariyah yang tidak akan terputus sampai tanaman berhenti berbuah dan mati.

Contoh pohon anggur umur sangat tua:

 

3. Sangat cocok di dataran rendah

Bagi yang tinggal di daerah panas seperti Jakarta, Surabaya, Palembang, Lampung, Medan dan seterusnya, maka menanam anggur adalah keputusan yang tepat. Sebab tanaman ini memiliki adaptifitas dan produktifitas yang sangat tinggi di dataran rendah, khususnya pada ketinggian antara 1 – 300 mdpl.

Namun bukan berarti tidak cocok di dataran menengah dan tinggi. Batas ketinggian toleransi untuk penanaman skala hobi adalah maksimum 1.200 mdpl. Hanya saja tingkat produktifitasnya tak setinggi di dataran rendah. Maklum saja, pohon anggur sangat membutuhkan intensitas cahaya matahari yang tinggi dan menyukai suhu udara yang panas.

 

4. Teknis tanam dan perawatan yang mudah

Tak peduli apakah anda penghobi pemula yang awam atau penghobi berpengalaman, siapa saja bisa menanam dan merawat anggur hingga berbuah. Sudah banyak penghobi pemula yang sukses menanam pohon anggur serta merawatnya hingga besar dan berbuah lebat, padahal sebelumnya tidak memiliki pengalaman sedikitpun dalam bercocok-tanam.

Jika anda ingin belajar banyak tentang teknis budidaya anggur skala hobi, anda bisa mempelajari beberapa tutorial berikut sebagai pedoman:

 

5. Teknis memperbanyak tanaman sangat sederhana

Tanaman anggur dapat diperbanyak dengan cara stek batang, cangkok, dan sambung (grafting) disesuaikan dengan kebutuhan kita. Untuk varian anggur lokal, perbanyakan cukup dengan stek batang maupun cangkok. Sedangkan varian anggur import lebih disarankan menggunakan metode sambung (grafting) dengan batang bawah dari varian anggur lokal. Tujuannya agar anggur import dapat tumbuh lebih adaptif, produktif, dan tahan hama di Indonesia seperti karakter yang dimiliki pada varian anggur lokal.

 

6. Memiliki potensi bisnis yang luas

Jika perbanyakannya mudah, tentu bisa menjadi peluang usaha sampingan anda untuk memenuhi permintaan bibit anggur di lingkungan tempat tinggal, keluarga besar, kerabat dan kawan-kawan kerja. Karena seperti kita tahu sangat jarang ada lapak bibit tanaman yang menjual bibit anggur, khususnya untuk varian yang buahnya manis. Mayoritas mereka menjual jenis anggur yang berbuah masam.

Untuk itu anda harus mengoleksi jenis anggur yang manis dan berkualitas. Ini peluang yang cukup potensial, maka jadilah yang pertama di kota anda sebelum didahului penghobi lain. Saat ini harga pasaran bibit anggur lokal antara 35rb – 100rb, sementara anggur import sekitar 125rb – 200rb untuk ukuran bibit setinggi 1-2 jengkal.

Selain bibitnya, kita juga bisa menjual buahnya yang sudah dijamin berharga tinggi dan jarang anjlok seperti harga buahan lainnya. Untuk skala ini, kita perlu membuat kebun anggur kecil-kecilan di lahan kebun atau pekarangan rumah yang tersisa.

Jika kita berhasil membuahkan dengan mutu yang baik, maka selanjutnya tinggal ajak keluarga, tetangga dan kawan-kawan untuk ikut terjun bersama anda mengebunkan pohon anggur, tentunya anda yang menjadi mentor, penyedia bibit dan pupuk khusus anggur, serta sebagai pengepul hasil panen. Jadi mereka akan terikat dan bergantung kepada anda, maka jadilah sebuah bisnis yang saling menguntungkan satu sama lain. Ini tips untuk anda yang suka agrobisnis tapi memiliki keterbatasan lahan.

Ide bisnis lainnya adalah memproduksi tabulampot anggur yang belum maupun sudah berbuah. Bukankah permintaan tabulampot kelengkeng, mangga, jeruk, dan buahan lainnya sangat tinggi setiap tahunnya? Mengapa anggur tidak ikut dikembangkan ke sektor bisnis itu juga, padahal anggur memiliki pamor yang lebih tinggi dibanding buahan lain. Nah, sekali lagi jadilah yang pertama di kota anda, sebelum orang lain menekuninya.

Contoh tabulampot anggur:

menanam Tabulampot anggur

Bonsai Anggur

Sebetulnya masih banyak ide-ide lain bagaimana mengkomersilkan tanaman anggur, hanya saja tidak disampaikan seluruhnya di sini. Mungkin suatu saat nanti akan saya bahas secara lengkap dan fokus, tidak sekarang.

 

7. Meningkatkan nilai estetika rumah dan taman

8. Sebagai alternatif untuk penghobi tabulampot yang bosan dengan tanaman buah umum

9. Sebagai peneduh dan mengurangi suhu panas lingkungan rumah tinggal

10. Bisa ditumpang sari dengan tanaman lain

11. Tumbuh sangat fleksibel menyesuaikan ukuran lahan yang tersedia

Untuk pembahasan poin 7 – 11 di atas akan saya lanjutkan beberapa hari kedepan. 

 


Baca juga artikel berikutnya:

 

 

 

Yuk, di-share:

(PENTING) 11 Alasan Anda HARUS Menanam Pohon Anggur | Daunku.com

14 komentar untuk (PENTING) 11 Alasan Anda HARUS Menanam Pohon Anggur

  • Satria says:

    Salam daunku…
    Saya tinggal di daerah Sumatera Barat dengan ketinggian sktar 500 mdpl, jenis anggur apa yg cocok didaerah saya pak?? Artikel ttg Tutorial budidaya anggur sudah ada pak??
    Bibit tanaman Vanille ada dijual d daunku pak??

    Terimakasih…

  • Asiati Retno K says:

    pak..sedia bibit anggur bwrkualitas bagus nggak?

    • Haris Wicahyo says:

      Insyaallah tersedia bu, silahkan melihat katalog produk kami utk memilih varietas anggur yg dikehendaki. Terimakasih 🙂

  • Agung says:

    Bibit anggur ninel + ongkir brp pak sampai pati jateng

    • Haris Wicahyo says:

      Silahkan menghubungi staff penjualan kami untuk informasi lebih lanjut pak Agung. Terimakasih 🙂

  • tina says:

    saya berada di wilayah madiun kira2 jenis apa yang cocok serta rasanya manis yang bisa saya tanam

    • Haris Wicahyo says:

      Untuk yg buahnya manis meski belum matang sempurna, bisa pilih jenis anggur lokal Caroline Black Rose dan Yellow Belgie. Sedangkan untuk jenis anggur import, semua varietas yg kami jual buahnya manis 🙂

  • Setiawan donco says:

    Nanya pak anggur lokal manis g ya.

    • Haris Wicahyo says:

      Tergantung varietas pak, ada yg manis ada juga yg manis-masam.

      Varietas yg full manis meski belum matang sempurna di antaranya Caroline Black Rose, Yellow Belgie dan Maroo Seedless 🙂

  • umam says:

    angur sdh buah tapi kecil2 ya.. seperti tdk ada harapan gede… gmn pak, dan brp harga anggur yg varietas bagus??

    • Haris Wicahyo says:

      Jika memang anggur yg bpk tanam kategori anggur berbuah mungil, ya tidak ada solusi selain ganti varietas baru yg buah besar2.

      Utk informasih harga dan varietas yg kami jual bisa melhat di halaman katalog produk. Terimakasih 🙂

  • Umamsyah says:

    Saya baru pesen bibit anggur yellow belgi di daunku.com smoga berhasil…..

    • Haris Wicahyo says:

      Terimakasih banyak Pak Umamsyah, jika ada kendala dengan perawatannya jangan sungkan didiskusikan bersama kami 🙂

  • warjono says:

    Maaf pak untuk alamat yang bisa dihubungi yo, saya tertarik sekali.

Yuk, berikan komentar Anda!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 36.000
Ready Stock

DISKON TERBATAS !!!

Ikuti Facebook Kami:

KATEGORI