[DILENGKAPI FOTO] Cara Menanam Batang Stek Anggur untuk Pemula

[DILENGKAPI FOTO] Cara Menanam Batang Stek Anggur untuk Pemula

[DILENGKAPI FOTO] Cara Menanam Batang Stek Anggur untuk Pemula


DAFTAR ISI

 

A.  PERSIAPAN BAHAN

  1. Cutting Anggur
  2. Media dan Wadah Semai
  3. Fungisida dan Hormon Stek
  4. Air Secukupnya

B.  PENYEMAIAN

C.  PERAWATAN

D.  PINDAH TANAM

E.  GALERI FOTO

 


A.  PERSIAPAN BAHAN

 

1.  Cutting Anggur

Siapkan cutting (batang stek) anggur yang diambil dari ranting pohon anggur dewasa dan sudah pernah berbuah. Pilihlah ranting yang sudah berkayu (warna coklat) dan potong-potong menjadi 1 jengkal.

 

2.  Media dan Wadah Semai

Media persemaian harus bebas dari tercampurnya pupuk kandang, kompos, pupuk kimia dan abu walaupun hanya sedikit. Karena bahan-bahan tersebut dapat memicu batang stek anggur mati/kering.

Ada beberapa media semai yang biasa digunakan antara lain:

  1. Sekam bakar murni
  2. Tanah humus murni
  3. Campuran tanah merah + pasir bangunan/sungai (1 : 1)

Silahkan pilih media yang paling mudah anda dapatkan di rumah. Khusus sekam bakar murni, jika anda membelinya di lapak/toko tanaman, sangat dianjurkan mencucinya dulu sebanyak 3-5 kali bilasan, karena sering didapati sekam bakar yang dijual tersebut telah tercampur sedikit pupuk kandang, kompos atau abu. Namun walaupun sedikit tetap sangat beresiko. Soalnya saya sudah pernah mengalami ratusan batang stek mati gara-gara itu.

Wadah semai yang digunakan sebaiknya ukuran kecil dan transparan, seperti bekas botol / gelas air mineral. Tujuannya agar mudah mengontrol perkembangan akar.

 

3.  Fungisida dan Hormon Stek

Gunakan fungisida seperti Antracol 75WP untuk mensterilkan batang stek dari cendawan/jamur yang merupakan salah satu faktor utama penyebab stek gagal tumbuh.

Selain itu gunakan juga hormon khusus stek seperti Root Up yang sangat optimal merangsang tumbuhnya akar. Karena banyak kasus dimana batang stek hanya tumbuh tunas daun namun akar tidak. Sehingga kurang dari 1 minggu setelah bertunas, batang stek mati kering akibat kehabisan nutrisi.

Saya sebutkan 2 merk tersebut karena keduanya sangat umum digunakan penghobi tanaman dan banyak dijual di toko pertanian. Namun, anda juga bisa membeli merk lain sesuai selera.

 

4.  Air Secukupnya

Gunakanlah air sumur, sebab pH-nya netral dan relatif bersih dari zat kimia. Dan jangan gunakan air PAM/Ledeng karena mengandung kaporit.

 


B. PENYEMAIAN

 

Teknis menyemai cutting/batang stek anggur:

1.  Rendam hingga hanyut/tenggelam seluruh batang stek ke dalam air selama 3-5 jam. Tujuannya untuk meningkatkan kadar air dalam batang stek. Setelah itu angkat dan tiris-anginkan.

2.  Rendam hingga hanyut seluruh batang stek ke dalam larutan fungisida (dosis 1 gr/liter air) selama 15 menit. Tujuannya untuk mensterilkan cutting dari cendawan/jamur. Kemudian angkat dan tiris-anginkan.

3.  Kerat kulit cutting ± 1cm pada bagian pangkal, lalu oleskan dengan pasta Hormon Root Up dan biarkan hingga pasta mengering.

Kulitnya dikerat sedikit.

Dioles Hormon Root Up.

4.  Masukkan media semai (sekam bakar / tanah humus / tanah merah + pasir) ke dalam wadah misal bekas gelas air mineral. Setelah itu tancapkan batang stek anggur, lalu tekan media semai hingga sepadat mungkin dan siram dengan air hingga seluruh media basah.

5.  Kemudian sungkup dengan plastik transparan untuk meminimalisir penguapan. Terakhir, letakkan stek di lokasi yang teduh dan sejuk, bisa di bawah pohon rindang atau di dalam rumah.

Disungkup plastik transparan dan taruh dalam rumah.

 


C. PERAWATAN

 

Teknis perawatan cutting/batang stek anggur:

1.  Sejak hari pertama disemai hingga muncul tunas atau akar, letakkan di lokasi teduh dan sejuk. Lakukan penyiraman (2 x seminggu), namun kelebihan air harus turun tuntas; media semai tidak boleh becek apalagi menggenang agar tidak mengundang jamur.

2.  Cutting akan mulai tumbuh setelah 1 – 2 minggu disemai. Setelah cutting tumbuh tunas sepanjang 1 cm, segera pindah ke lokasi yang terpapar sinar matahari pagi sampai (jam 09:00). Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan tunas menjadi lebih cepat. Sungkup jangan dilepas dulu.

Contoh cutting sudah tumbuh tunas 1 cm.

3.  Setelah tunas merekah/mekar menjadi daun sempurna, segera lepas sungkup agar daun tidak busuk. Sejak sungkup dilepas, penyiraman dilakukan 1-2 hari sekali agar kelembaban media semai tetap terjaga. Bibit tetap diletakkan di lokasi yang terpapar sinar matahari pagi hingga siap dipindah ke pot lebih besar.

Contoh tunas yang sudah merekah/mekar.

Bibit dipaparkan sinar matahari pagi sampai (jam 09:00).

4.  Sudah 3 minggu cutting anggur saya semai, tapi tidak ada tanda-tanda tumbuh, apakah mati?

Jawab:  Ada 4 kondisi yang umum terjadi di persemaian stek anggur, dan masing-masing kondisi membutuhkan perlakuan berbeda. Keempat kondisi tersebut terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia.

Berikut ini 4 kondisi stek anggur:

  • Pertama:  tumbuh tunas, akar belum

Jika sampai 3 minggu tunas sudah merekah dan daun terus bertambah, tapi belum ada tanda-tanda tumbuh akar, segera pindahkan bibit ke tempat teduh atau di dalam rumah, dan jauhkan dari paparan sinar matahari (walau sinar pagi sekalipun).

Tujuannya untuk mengurangi penguapan dan menghindari kehabisan cairan dalam batang, akibat belum adanya suplai dari akar.

  • Kedua:  tumbuh akar, tunas belum

Jika sampai 3 minggu akar sudah tumbuh dan menjalar panjang, tapi tunas belum muncul sama sekali, maka biarkan bibit tetap dilokasi paparan sinar matahari pagi. Karena cahaya matahari dapat merangsang tumbuhnya tunas.

  • Ketiga:  tumbuh tunas dan akar bersamaan

Kondisi ketiga ini yang paling diharapkan, karena pertumbuhan cutting cukup sempurna. Tidak ada perlakuan khusus untuk kondisi ini.

  • Keempat:  tidak tumbuh tunas dan akar

Artinya batang stek sudah mati. Silahkan diganti dengan stek yang baru! Hehe . . .

 


D.  PINDAH TANAM

 

Pindah tanam disini maksudnya, bibit stek sudah bisa dipindah ke pot lebih besar dengan media tanam  baru, berupa campuran Tanah + Pupuk Kandang / Kompos + Pasir / Sekam Padi (1 : 1 : 1). Biasanya bibit stek sudah bisa dipindah tanam pada usia 1 bulan sejak tumbuh tunas.

Setelah bibit dipindah ke media tanam dan pot baru, untuk sementara letakkan dulu di tempat teduh (namun tetap kena udara/hawa hangat matahari siang) selama 2 minggu kedepan, agar tanaman beradaptasi dengan media barunya. Penyiraman cukup 2-3 kali seminggu, agar media tanam tidak terlalu lembab yang bisa menyebabkan busuk akar.

Kemudian setelah 2 minggu, bibit anggur segera dipindah ke lokasi terbuka yang terpapar sinar matahari penuh dari pagi – sore, supaya pertumbuhannya tidak lambat. Mulai dari sini, penyiraman bisa dilakukan 1-3 hari sekali (tergantung cuaca).

 

Jika semua tahapan di atas sudah anda lalui, silahkan pelajari tutorial selanjutnya:

[EXCLUSIVE] Cara Menanam Anggur di Pot, 8 Bulan Mulai Berbuah

 


E.  GALERI FOTO

 

 


 

 

2 thoughts on “[DILENGKAPI FOTO] Cara Menanam Batang Stek Anggur untuk Pemula

  1. Djumardi

    Salam, saya ingin mengembangkan anggur di kabupaten demak jaea tengah. Lokasi ketinggian 11 m dpl, panas dan air cukup. Pertanyaan saya utk anggur impor yg ditawarkan daunku apa cocok dan bisa berkembang baik?

    1. Haris Wicahyo Post author

      Salam kenal pak Djumardi,

      Utk skala komersial sebaiknya pilih varietas Ninel dan Nizina. Kedua jenis tersebut telah teruji paling adaptif dan tahan penyakit dari semua jenis import yg ada.

Ngobrol, yuk!

error: Mohon maaf, DILARANG meng-copy konten apapun di website ini!