[EXCLUSIVE] Cara Menanam Anggur di Pot, 8 Bulan Mulai Berbuah

[EXCLUSIVE] Cara Menanam Anggur di Pot, 8 Bulan Mulai Berbuah

[EXCLUSIVE] Cara Menanam Anggur di Pot, 8 Bulan Mulai Berbuah


Anda belum pernah menanam anggur di pot?

Kenapa nggak mencoba?

Padahal bikin tabulampot anggur itu MUDAH, lho . . . Gak percaya? yah, silahkan deh, hehe . . .

Di dalam artikel ini saya akan bahas secara detail bagaimana cara menanam anggur di pot, yang InsyaAllah bisa menjadi referensi khususnya bagi para PEMULA.

 


DAFTAR ISI

 

A.  PERSIAPAN BAHAN

  1.  Bibit Anggur
  2.  Pot
  3.  Media Tanam Tabulampot
  4.  Ajir
  5.  Pupuk dan Pestisida

B.  PENANAMAN

C.  PERAWATAN VEGETATIF

  1.  Penyiraman
  2.  Pemupukan
  3.  Pemangkasan

D.  PERAWATAN GENERATIF

  1.  SOP Pembuahan
  2.  Penyiraman
  3.  Pemupukan
  4.  Pengendalian Hama dan Penyakit
  5.  Perampelan
  6.  Perlakuan Pra-Panen
  7.  Pemanenan
  8.  Perlakuan Pasca-Panen

 


A.  PERSIAPAN BAHAN

 

1.  Bibit Anggur

Bibit Anggur Siap Tanam

Gambar 1. Bibit Anggur Siap Tanam

Belilah bibit anggur di lapak tanaman terdekat atau di toko online. Khusus pembelian dari toko online (pengiriman jarak jauh), bibit anggur baru bisa tanam di pot besar setelah tumbuh minimal 5 daun baru atau sekitar 1 bulan.

Tujuannya agar bibit pulih dan sehat dulu dari kondisi stress akibat perjalanan jauh saat pengiriman, serta menunggu bibit beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Jadi untuk sementara, bibit ditanam dulu di pot kecil dan letakkan di tempat teduh sampai tumbuh 5 daun baru. Upayakan bibit terpapar sinar matahari pagi untuk merangsang pertumbuhannya.

 

Anda juga bisa membeli bibit anggur di toko online kami: Daunku Store (klik disini)

Tersedia beragam bibit anggur varietas Lokal hingga Import untuk koleksi terbaik anda!

 

2.  Pot

Macam-macam ukuran Planterbag

Gambar 2.  Ragam Ukuran Planterbag

Gunakan pot ukuran besar. Untuk pot plastik minimal ukuran No.40, sedangkan Planterbag minimal ukuran 45 liter. Jika menggunakan jenis pot lain seperti pot gerabah, pot kayu dan sebagainya, tinggal disesuaikan aja dengan ukuran pot plastik atau planterbag tadi.

Namun akan jauh lebih ideal jika menggunakan pot ukuran Jumbo. Yaitu untuk pot plastik adalah ukuran No.60 dan No.70, sedangkan Planterbag ukuran 75 liter ke atas, atau bisa juga menggunakan pot dari belahan Drum bekas.

Keuntungan menggunakan pot jumbo adalah pertumbuhan tanaman anggur bisa 2-4 kali lebih cepat dan hasil buah jauh lebih banyak.

 

3.  Media Tanam Tabulampot

Komposisi Media Tanam Tabulampot Anggur

Gambar 3. Komposisi Media Tanam Tabulampot Anggur

Setiap penghobi memiliki resep masing-masing dalam membuat media tanam tabulampot anggur. Seperti pada gambar di atas, terdapat 4 pilihan komposisi yang bisa anda terapkan. Silahkan pilih sesuai selera dan kemudahan mendapatkan bahan baku.

Intinya, media tanam harus benar-benar poros, yaitu walaupun anda siram 5 ember air berturut-turut, air tidak akan menggenang lama di permukaan pot, biasanya kurang dari 30 menit genangan sudah hilang.

 

4.  Ajir

Model Ajir / Rambatan Tabulampot Anggur

Gambar 4.  Model Ajir / Rambatan Tabulampot Anggur

Sistem Tajuk Tabulampot Anggur

Gambar 5.  Sistem Tajuk Tabulampot Anggur

Sistem Tajuk Pohon Anggur (Standar Perkebunan) di Amerika

Gambar 6.  Sistem Tajuk Pohon Anggur (Standar Perkebunan) di Amerika

Siapkan ajir atau tiang rambat bisa dari bahan apa saja; bambu, kayu, besi, pipa paralon atau lainnya. Sangat disarankan menggunakan bahan ajir yang kuat dan awet (tahan hujan-panas), agar tidak sering mengganti ajir di kemudian hari.

Model ajir dan sistem tajuk tabulampot anggur yang saya rekomendasikan adalah seperti pada Gambar 4 dan 5 di atas. Keduanya diadopsi (meniru) sistem tajuk pohon anggur yang banyak dipakai perkebunan anggur di Amerika seperti Gambar 6.

Namun model tersebut hanya sebagai referensi, anda bisa menggunakan model lain sesuai selera.

 

5.  Pupuk dan Pestisida

Menanam pohon apapun PASTI membutuhkan pupuk dan pestisida, demi menunjang pertumbuhan tanaman secara optimal dan terkontrol. Pemupukan tabulampot anggur dibagi dalam 2 fase dan masing-masing fase memerlukan jenis pupuk yang berbeda yaitu:

a.  Pemupukan Anggur Fase Vegetatif

Diaplikasikan selama masa pembesaran tanaman anggur, yaitu sejak awal tanam ke pot hingga siap dibuahkan.

  1. NPK Mutiara (16-16-16)
  2. Urea
  3. Kapur Dolomit
  4. Pupuk kandang / kompos

b.  Pemupukan Anggur Fase Generatif

Diaplikasikan untuk membuahkan tabulampot anggur.

  1. NPK Mutiara (16-16-16)
  2. MKP
  3. Kapur Dolomit
  4. Pupuk kandang / kompos

c. Pestisida Anggur

Diaplikasikan ketika terjadi serangan hama dan penyakit pada pohon anggur.

  1. Fungisida (Dithane M-45 dan Antracol)
  2. Insektisida (Confidor dan DuPont Lannate)
  3. Nematisida (Furadan)

Daftar pestisida di atas hanyalah referensi. Ada banyak merk dan jenis pestisida di pasaran, silahkan pilih sesuai selera.

 

Supaya “hemat & praktis”, anda bisa beli paket Pupuk & Pestisida (khusus tabulampot anggur) di toko online kami: Daunku Store (klik disini)

 


B.  PENANAMAN

 

Setelah semua bahan di atas siap, sekarang saatnya menanam bibit anggur ke dalam pot. Ada sedikit tips untuk anda:

  • Waktu penanaman sebaiknya sore hari, ketika suhu udara sudah sejuk.
  • Berilah jarak antara permukaan media tanam dengan bibir pot minimal 5 cm sebagai area genangan air. Sehingga ketika penyiraman nanti, air tidak luber/meluap ke luar pot.
  • Pasanglah ajir sedari awal dengan model yang sudah anda tentukan sebelumnya. Kalo pemasangan ajir menunggu bibit tumbuh tinggi, resikonya akan banyak akar yang rusak dan putus ketika menancapkan ajir ke dalam pot, karena akar anggur sudah tumbuh meluas.

 


C.  PERAWATAN VEGETATIF

 

Perawatan Vegetatif maksudnya adalah perawatan tabulampot anggur yang dilakukan selama masa pembesaran tanaman, yaitu sejak awal tanam ke dalam pot sampai pohon anggur siap dibuahkan.

1.  Penyiraman

Teknis penyiraman disesuiakan saja dengan cuaca. Intinya, jaga kelembaban media tanam dan jangan sampai kekeringan, agar tidak membunuh mikroorganisme dan cacing dalam pot yang sangat penting untuk kesuburan media tanam. Namun jangan sampai terlalu lembab, karena bisa mengakibatkan busuk akar.

Umumnya untuk cuaca yang sangat terik/panas, bisa disiram setiap hari sekali. Sedangkan pada cuaca mendung/sejuk/teduh/hujan, siramlah ketika media tanam terlihat kering saja. Jika masih basah atau lembab, sebaiknya tidak perlu disiram.

 

2.  Pemupukan

Pemupukan tabulampot anggur dimulai pada umur 1 minggu setelah tanam ke pot. Ikutilah petunjuk pemupukan di bawah ini:

a)  Umur 1 minggu – 3 bulan

Berikan pupuk NPK Mutiara dan Urea dengan dosis masing-masing (1 sendok teh).

Caranya:  ditabur merata mengelilingi pinggiran pot (jangan terlalu dekat dengan batang anggur). Atau lebih bagus lagi jika pupuk dipendam ke dalam tanah, yaitu buat 4 lubang mengelilingi pinggir pot, lalu masukkan pupuk dan lubang ditutup kembali. Aplikasi setiap 2 minggu sekali (2 x sebulan).

b)  Umur 3 – 6 bulan

Dosis pupuk NPK Mutiara dan Urea masing-masing ditingkatkan menjadi 1½ sendok teh.

Saat tanaman berumur 3 bulan, berikan Pupuk Kandang sebanyak (3-5 gayung) + Kapur Dolomit (1 sendok makan) + Nematisida Furadan (1 sendok teh).

Caranya:  keruk/kurangi media tanam secukupnya, lalu masukkan pupuk kandang dan taburkan kapur dolomit + nematisida furadan merata ke seluruh permukaan pot. Kemudian tutup kembali dengan media tanam hasil kerukan tadi secukupnya, agar pupuk kandang tidak terpapar sinar matahari langsung.

c)  Umur 6 – 8 bulan

Dosis pupuk NPK Mutiara dan Urea masing-masing ditingkatkan lagi menjadi 2 sendok teh.

Saat tanaman berumur 6 bulan, berikan kembali Pupuk Kandang + Kapur Dolomit + Nematisida Furadan dengan dosis yang sama seperti sebelumnya.

Setelah pohon anggur memasuki umur 8 bulan, maka sudah tiba saatnya untuk mengajarkannya berbuah. Cara membuahkan tabulampot anggur akan di bahas pada Bab berikutnya.

 

3.  Pemangkasan

Umumnya bibit anggur memiliki lebih dari 1 tunas. Sejak awal tanam ke pot, pilihlah 1 tunas terbaik untuk dibesarkan dan dijadikan batang primer. Lalu pangkas seluruh tunas lainnya. Begitupun jika kedepannya nanti tumbuh tunas-tunas baru, maka pangkas semua agar tidak mengganggu tunas utama yang sudah dipilih tadi.

Setelah tunas ini tumbuh besar dan diameter batang sudah sebesar pensil, maka pangkaslah menjadi 20-30 cm. Kemudian akan tumbuh tunas baru, maka pilihlah 2 tunas terbaik dan buang seluruh tunas lainnya.

Ketika 2 tunas tersebut sudah tumbuh besar dan diameter batang sudah sebesar pensil, maka pohon anggur sudah siap diajarkan berbuah. Panduan pembuahan tabulampot anggur akan dibahas pada bab berikutnya di bawah ini.

 


D.  PERAWATAN GENERATIF

 

Adalah teknis merawat tabulampot anggur dewasa yang sudah siap dibuahkan. Jadi, pada tahap ini kita akan belajar bagaimana cara merawat pohon anggur mulai dari persiapan pembuahan, teknis pembuahan, perawatan bunga dan buah anggur hingga panen dan seterusnya.

 

. . . . . . BERSAMBUNG

 

31 thoughts on “[EXCLUSIVE] Cara Menanam Anggur di Pot, 8 Bulan Mulai Berbuah

  1. indra eka

    aloo mas… mau tanya nich… selain kotoran kambing apa bisa kotoran lainnya seperti kotoran sapi atau kotoran ayam untuk digunakan campuran media tanamnya?

    1. Haris Wicahyo Post author

      Halo juga mas Indra,

      Pupuk kandang yg biasa saya pakai yaitu kotoran kambing dan sapi. Kalo kotoran ayam kurang bagus, soalnya kalo media tanam kekeringan (telat nyiram), kotoran ayam bikin media jadi mengeras. Terimakasih

  2. Nurokhman Riyadi

    mau nanya, kalo bambu, kayu atau sejenisnya yang berdiri di pojok pot itu berfungsi untuk apa ya? dan efektifnya untuk penyiraman bagaimana? terima kasih

    1. Haris Wicahyo Post author

      Itu utk tiang rambatan pak. Penyiraman yg ideal intinya media tanam pot jangan sampai kekeringan, tapi juga jangan sampai becek apalagi berhari-hari (akar bisa membusuk). Terimakasih

    1. Haris Wicahyo Post author

      Semoga segera mendapat waktu longgar ya pak 🙂
      InsyaAllah kami dgn senang hati menantikan kunjungan Bpk Yudi. Terimakasih

  3. Permana

    Pak saya sudah tanam anggur di tanah selama hampir 2 tahun bermaksud dipindah ke pot. Apakah memungkinkan? Mohon sarannya..

  4. samuel frederik lena

    kalo beli bibit di sini, sambungan tulisannya [fase generatif] dapat nggak. kalo nggak dapat ya nanti anggurnya hanya berdaun lebat doang.

    1. Haris Wicahyo Post author

      Itu artikelnya utk umum pak. Baik pembeli atau bukan bisa mengaksesnya.

      Tapi saat ini masih dalam penulisan. Kami masih mengumpulkan banyak data dari konsumen dulu untuk menentukan metode pembuahan yang paling efektif dan sesuai utk diterapkan di semua wilayah Indonesia.

      Sehingga, sementara ini masih fokus mempelajari kendala2 di lapangan dari para konsumen.

      Terimakasih

  5. Frans Boho

    Artikel nya bagus, admin nya juga ga asal share. Tp memang melalui riset dulu, dan tidak pelit pula membagi ilmu. Di tunggu sambungan artikel nya pak. Mantap.

Ngobrol, yuk!

error: Mohon maaf, DILARANG meng-copy konten apapun di website ini!