(TUTORIAL) Cara Menanam Anggur Sesuai Rekomendasi PAKAR


 

Anda ingin menanam anggur?

Tapi bingung cara tanam, perawatan dan pembuahannya?

Inilah panduan yang tepat untuk anda!


 

1. PENDAHULUAN

Tanaman anggur mampu beradaptasi di dataran rendah sampai tinggi antara 1 – 1.000 mdpl (bergantung varietas). Tanaman ini sangat cepat berbuah dengan produktifitas yang tinggi. Anggur mulai berbuah pada usia 1,5 tahun sejak tanam di lahan dan dapat berbuah 2-3 kali dalam setahun. Pohon anggur mampu menghasilkan buah sebanyak 20-45 kg per pohon dalam sekali panen (bergantung varietas).

Namun untuk mencapai itu semua, diperlukan teknis tanam dan perawatan yang tepat. Panduan ini membahas lengkap cara menanam anggur disertai teknis perawatan, pembuahan, hingga proses panen, sehingga dapat diterapkan oleh siapa saja yang tertarik berkebun anggur di rumah.

 

2. VARIETAS ANGGUR

Tersedia banyak pilihan varietas anggur di pasaran, mulai dari jenis lokal hingga import. Dari sisi warna buah ada anggur merah, hijau, kuning, hitam, ungu, pink, semburat hijau merah, semburat hijau kuning, dan seterusnya. Sementara dari sisi ukuran buah ada yg jumbo, besar, sedang, kecil dan sangat kecil. Dari sisi rasa ada yg sangat manis, manis biasa, manis sepat, manis masam dan sangat masam.

Sedangkan dari sisi perawatan ada yg mudah, sedang dan sulit. Dari sisi adaptifitas ada yang sangat adaptif di Indonesia, ada yang kurang adaptif, ada yang masih proses penyesuaian dan ada juga yang tidak adaptif sama sekali.

Dalam memilih varietas anggur yang tepat, pertimbangkan sisi perawatan dan adaptifitas terlebih dahulu sebelum sisi yang lain. Karena kedua sisi tersebut yang menentukan apakah dapat tumbuh dan berbuah baik di kota kita atau tidak. Pembahasan lengkap masalah ini bisa dibaca pada halaman berikut:

  1. 35 Varietas Anggur yang Tumbuh Adaptif di Indonesia
  2. Tips Memilih Jenis Anggur untuk Penghobi PEMULA

 

3. PERSIAPAN BAHAN

  • Bibit anggur tinggi minimal 1 meter
  • Pupuk kandang kambing/sapi
  • Pupuk kimia SP-36, Urea, dan NPK
  • Kapur dolomit
  • Insektisida Furadan
  • Rambatan/para-para (dari kayu, bambu, besi, kawat, dll)
  • Ember plastik 10 liter (untuk menakar pupuk kandang)

 

4. CARA MENANAM ANGGUR

Waktu terbaik penanaman anggur di lahan adalah pada awal musim kemarau. Hindari penanaman anggur pada musim hujan karena resiko mati cukup tinggi, sebab tanaman anggur usia muda tidak tahan terhadap tanah dengan kelembaban tinggi.

Lokasi tanam harus terpapar sinar matahari penuh dari pagi hingga sore dan tidak berdekatan dengan pohon besar yang menyebabkan suhu udara terlalu lembab. Jika tidak pertumbuhan anggur akan lambat, sulit berbuah dan mudah terserang hama & penyakit.

Buat lubang tanam sebesar 60x60x60 cm atau sekitar 3-4 jengkal tangan orang dewasa. Kemudian kering-anginkan lubang tanam selama minimal 1 minggu agar gas beracun dalam tanah menguap.

Setelah itu tanah hasil galian lubang dicampur pupuk kandang 5-7 ember, kapur dolomit 0,5 kg, pupuk SP-36 sebanyak 1 kg, dan pupuk Urea 0,5 kg. Aduk seluruh bahan hingga bercampur rata. Kemudian masukkan kembali ke dalam lubang tanam hingga penuh dan siram air hingga cukup lembab. Lalu kering-anginkan selama minimal 2 minggu agar pupuk kandang dan pupuk kimia terfermentasi sempurna.

Setelah proses fermentasi selesai, bibit anggur sudah bisa ditanam. Tinggikan tanah di sekeliling bibit anggur agar air hujan tidak bisa menggenangi batang dan area perakaran tanaman. Kemudian berikan ajir / tiang rambat sementara dari bambu agar bibit anggur tumbuh lurus ke atas.

 

5. PENYIRAMAN

Untuk 3 bulan pertama, penyiraman dilakukan mengikuti kondisi tanah. Prinsipnya: “tunda penyiraman apabila tanah masih terasa lembab.” Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya busuk akar, sebab tanaman anggur usia muda belum tahan dengan kondisi tanah yang terlalu lembab. Umumnya, penyiraman cukup 2-3 kali seminggu. Setelah melewati 3 bulan berikutnya, penyiraman bisa dilakukan secara rutin 1-2 hari sekali.

 

6. PEMUPUKAN

Pada 6 bulan pertama tidak diperlukan pupuk tambahan karena sebelumnya telah diberi pupuk kandang dan kimia pada saat pembuatan lubang tanam. Pupuk diberikan pertama kali pada saat pohon anggur genap berusia 6 bulan di lahan.

Berikan pupuk kandang 1 ember, NPK 100 gram, dan kapur dolomit 100 gram per pohon. Cara aplikasi yaitu pupuk kandang dan kapur dolomit ditabur merata di atas permukaan tanah, sedangkan pupuk NPK ditanam ke tanah dengan cara membuat 4-8 lubang mengelilingi batang anggur sejauh 50 cm dari batang. Masukkan pupuk NPK ke dalam lubang, kemudian tutup kembali lubang dengan tanah. Ulangi pemupukan tersebut dengan dosis yang sama setiap 3 bulan sekali.

 

7. PEMANGKASAN

Teknis pemangkasan pohon anggur menyesuaikan sistem dan bentuk rambatan/para-para yang digunakan. Tersedia banyak pilihan sistem dan bentuk rambatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kepentingan. Masalah ini akan dibahas secara lengkap pada artikel yang lain.

 

ARTIKEL BERIKUTNYA:


Anggur Lokal Yellow Belgie

(PENTING) 7 Keuntungan PUNYA Pohon Anggur di Pekarangan Rumah!

  Anda suka bercocok-tanam, tapi BELUM punya pohon anggur? Duh, sayang sekali… …padahal banyak keuntungan menanam buah mahal ini! INFO PENTING!Tutorial Anggur ExclusiveDapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAPlangsung ke EMAIL anda!(Gratis)Invalid email address 1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur kami!BERHASIL !!!Kedepan anda akan mendapatkan email berisi Tips & Panduan Berkebun Anggur spesial dari Daunku.comTerimakasih 🙂

0 comments
Kebun Anggur

(Tips) Tanam Varietas Anggur Lokal atau Import? Mana yang TERBAIK?

  Anda ingin mengoleksi pohon anggur… …tapi bingung mau pilih varietas anggur lokal atau import? Artikel ini akan membantu anda menjawabnya. INFO PENTING!Tutorial Anggur ExclusiveDapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAPlangsung ke EMAIL anda!(Gratis)Invalid email address 1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur kami!BERHASIL !!!Kedepan anda akan mendapatkan email berisi Tips & Panduan Berkebun Anggur spesial […]

0 comments
Menanam Pohon Anggur

EXCLUSIVE – Tutorial Membuat Tabulampot Anggur (8 Bulan Berbuah)

  1. PENDAHULUAN Kenyataannya: Banyak penghobi telah mengoleksi belasan bahkan puluhan tabulampot dari beragam jenis tanaman buah. Tapi… HANYA sedikit penghobi yang memiliki tabulampot anggur. Mengapa begitu? Padahal menanam anggur di pot sangatlah MUDAH… INFO PENTING!Tutorial Anggur ExclusiveDapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAPlangsung ke EMAIL anda!(Gratis)Invalid email address 1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur […]

5 comments
Membuat Bonsai Anggur

(Galeri FOTO) Bonsai Anggur – Trend Baru yang Patut Dicoba

  Ternyata bonsai anggur sangat cantik dan eksotik ya! Anda berani coba? Berikut kami persembangkan galeri foto bonsai anggur yang bisa memberi inspirasi kepada anda.   INFO PENTING!Tutorial Anggur ExclusiveDapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAPlangsung ke EMAIL anda!(Gratis)Invalid email address 1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur kami!BERHASIL !!!Kedepan anda akan mendapatkan email berisi Tips […]

0 comments

(Disertai FOTO) Tutorial Menanam Anggur dari STEK BATANG

  Anda ingin coba menanam stek anggur? Jangan ragu, lakukan sekarang juga! Tentunya setelah anda membaca panduan ini hingga selesai. INFO PENTING!Tutorial Anggur ExclusiveDapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAPlangsung ke EMAIL anda!(Gratis)Invalid email address 1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur kami!BERHASIL !!!Kedepan anda akan mendapatkan email berisi Tips & Panduan Berkebun Anggur spesial dari […]

0 comments
Perkebunan Anggur di Eropa

(Tips) Inilah Jenis Anggur PILIHAN untuk Budidaya KOMERSIL

  Ingin berkebun anggur skala komersil… …tapi bingung jenis anggur apa yang tepat? Tulisan ini akan menjawabnya untuk anda, selamat membaca! INFO PENTING!Tutorial Anggur ExclusiveDapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAPlangsung ke EMAIL anda!(Gratis)Invalid email address 1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur kami!BERHASIL !!!Kedepan anda akan mendapatkan email berisi Tips & Panduan Berkebun Anggur spesial dari […]

0 comments

(TUTORIAL) Cara Menanam Anggur Sesuai Rekomendasi PAKAR

  Anda ingin menanam anggur? Tapi bingung cara tanam, perawatan dan pembuahannya? Inilah panduan yang tepat untuk anda! INFO PENTING!Tutorial Anggur ExclusiveDapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAPlangsung ke EMAIL anda!(Gratis)Invalid email address 1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur kami!BERHASIL !!!Kedepan anda akan mendapatkan email berisi Tips & Panduan Berkebun Anggur spesial dari Daunku.comTerimakasih 🙂

0 comments

 

INFO PENTING!
Tutorial Anggur Exclusive

Dapatkan tips & panduan berkebun Anggur TERLENGKAP

langsung ke EMAIL anda!

(Gratis)

Invalid email address
1.000++ Penghobi telah me-request Tutorial Anggur kami!


Ngobrol bareng, yuk!

error: Content is protected !!